-->

Resep Klepon Enak Mudah Tanpa Kapur Sirih

Resep Klepon Enak Mudah Tanpa Kapur Sirih

Resep Klepon Ketan - Selain dengan khas isi gula merahnya, kue klepon juga sering kali disajikan lebih modern dengan beragam aneka rasa dan aneka warna. Di antara berbagai macam variasinya tersebut, kreasi cara membuat klepon yang mudah dan praktis tanpa kapur sirih juga dapat menjadi pilihan kudapan sederhana yang enak, tentunya dengan aneka isian yang bisa disesuaikan menurut selera.

Kue basah tradisional ini dapat dibuat dengan menggunakan berbagai bahan sebagai adonan dasarnya. Tidak hanya dari tepung ketan putih atau hitam tetapi tepung beras, ubi, singkong bahkan hingga labu kuning bisa dikreasikan sehingga dapat menambah variasi cita rasa dari klepon.

Tidak seperti resep yang telah diposting terdahulu, resep bikin klepon tepung ketan kali ini adalah tanpa kapur sirih dimana air kapur sirih biasa digunakan untuk memberikan tekstur yang lebih kenyal dan dapat serta juga tanpa daun pandan suji sebagai pewarna alami sehingga bisa diganti dengan pasta pandan. Dalam usaha memanfaatkan stok yang ada, seperti coklat  meses dan keju mozarella sehingga menjadi klepon coklat dan klepon keju sebagai isiannya yang cukup lezat saat dinikmati.


Resep Bahan Klepon Ketan
  • 150 gram tepung ketan
  • 1 sdk makan gula pasir
  • 1/2 sdk teh garam
  • Air secukupnya
  • Kelapa parut kukus dengan sedikit garam
  • Cokelat meses
  • Keju mozarella
  • Pasta pandan/ pewarna hijau atau sesuai selera jika ingin berwarna warni

Cara Membut Klepon Ketan
1. Campur dan aduk rata tepung ketan dengan gula pasir bersama garam. Campur perwarna dalam air lalu tuangkan sedikit demi sedikit diuleni sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.

2. Ambil sedikit adonan dengan ukuran menurut selera kemudian pipihkan dan beri isi sesuai selera.
Bulatkan adonan rapih lalu lakukan juga terhadap sisa adonan hingga abis.

3. Didihkan ari di dalam panci, setelah air mendidih masukan adonan - adonan yang sudah dibentuk tadi dan tunggu hingga mengapung pertanda sudah matang. Angkat bulatan klepon tersebut lalu gulingkan ke dalam parutan kelapa kukus secara matang. Sajikan kue klepon selagi panas terutama untuk klepon isi mozarella.

Mudah bukan ? Demikian uraian di atas tentang Cara Membuat Klepon Ketan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan bisa mencobanya langsung di rumah. Selamat mencoba !

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel