-->

Resep Ketan Susu ( Tansu ) Keju Coklat

Ilustrasi

Resep Ketan Susu ( Tansu ) - Kita banyak mengenal akan beragam penganan tradisioanl dari olahan beras ketan, baik dari tepung sebagai bahan aneka kue atau diolah menjadi ketang serundeng, Srikaya maupun kinca durian hingga jajanan yang lagi  hits saat ini adalah ketan susu bisa diangkat dengan tansu.

Tansu sendiri terdapat variasi dalam cara menghidangkannya sesuai selera anda, mulai disiram susu hingga aneka topping yang membuatnya menarik perhatian , bahkan bisa disajikan dengan parutan es untuk sensai dingin yang menyegarkan.

Ketan kukus yang pulen bersama legitnya susu kental manis ternyata dapat menjadi perpaduan cita rasa enak yang bikin ketagihan, apalagi ditambah aneka topping seperti keju dan cokelat. Cara membuat tansu yang mudah dan praktis bisa kita oleh sendiri di rumah dengan variasi topping sesuai  dengan yang diinginkan.


Persiapan Bahan Membuat Ketan Susu Keju Cokelat
  • 500 gram beras ketan direndam minimal 2 jam
  • 300 ml santan kental dari butir kelapa parut
  • 1 sdk garam
  • 2 lmbr daun pandan

Aneka topping :

  • susu kental manis
  • keju cheddar diparut
  • coklat batang diparut atau dilelehkan
  • meses coklat dan warni - warni
  • Kelapa parut atau aneka topping lainya sesuai selera

Cara Membuat Ketan Susu
1. Rendam beras ketan minimal selama 2 jam, kemudian kukus beras ketan bersama 2 lambar dan pandan selama 15 menit. Sementara itu, masak santan dan garam sambil terus diaduk hingga mendidih.

2. Angkat ketan dan masukkan dalam sebuah wadah lalu tuangkan juga santan kental yang sudah didihkan tadi, aduk rata hingga santan menyerap ke dalam ketan ( gunakan Sendok kayu agar tidak panas).

3. Apabila sudah rata dan menyerap, kukus kembali ketan tersebut selama 20 menit lalu matikan api dan biarkan hangat.

4. Bentuk ketan menggunakan cetakan atau bisa langsung dituang dalam mangkuk/piring saji, sirami dengan susu kental manis, kemudian bari aneka topping sesuai selera serta siap untuk disajikan.

Demikian uraian di atas tentang Cara Membuat Ketan Susu ( Tansu ) Keju Coklat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua dan dapat langusng mencobanya di rumah. Selamat Mencoba !

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel