-->

Resep Kue Lampu - Lampu Hijau Khas Manado

Kue Lampu  - Lampu Manado
Ilustrasi

Kue Lampu  - Lampu Manado - Jajanan Nusantara kue tradisional Manado ini dikenal luas dengan sebutan kue lampu  - lampu. Kue basah berbahan tepung beras ini cukup unik, selain bercita rasa manis gula merah dan gurih santan juga memiliki aroma kuat yang harum dari daun pandang dan tentunya daun pisang sebagai wadah.

Selain berwanra putih, kita juga menjumpai kue lampu - lampu ini berwarna hijau yang didapat dari air perasan daun suji. Rasanya yang enak dan cara membuatnya yang cukup mudah lumayan dapat menambah referensi di rumah dalam upaya menghindangkan sajian favorit keluarga bahkan menu andalan buka puasa.

Kue berbentuk seperti perahu ini juga mirip kue yang dikenal dengan sebutan kue tetu yang populer di Mandar. Kue pelita khas Sulawesi ini juga memiliki banyak nama lain seperti pepaco atau jorong - jorong dengan ciri khas masing  - masing.


Bahan - bahan :
  • 200 gram tepung beras
  • 750 ml santan dari 1 buah kelapa
  • 50 ml air daun suji ( 30 lmbr) blender lalu peras atau 15 lmbr kombinasi dengan pasta hijau)
  • 2 sdk makan gula pasir
  • 1 sdk garam
  • 2 gandu gula merah disisir halus
  • Daun pandan dan daun pisang secukupnya


Cara Membuat Kue Lampu - lampu Manado :

1. Bentuk daun pisang sebagai wadah ( takir) dengan ukuran sesuai selera.

2. Campurkan santan, garam, gula pasir, larutan daun suji dan tepung kemudian aduk rata hingga tidak ada gumpalan - gumpalan pada adonan.

3. Siapkan kukusan lalu masukkan dan tata takir - takir dari daun pisang tersebut dengan rapat dan berdempetan. Tiap - tiap wadah diberi sisiran gula merah sekitar 1 sendok makan atau sesuaikan dengan ukuran wadah yang dibuat, bisa juga alasi sebelumnya dengan potongan daun pandan untuk menambah aroma. Kemudian tuang adonan tepung secara perlahan hingga terisi sekitar 3/4 bagiannya.

4. Nyalakan api sedang, kukus selama 15 - 20 menit atau sampai matang. Angkat dan sajikan kue lampu - lampu ynag leibh lezat dan segar selagi hangat walaupun tetap enak bisa sudah dingin.

Demikian uraian di atas tentang Cara Membuat Kue Lampu - Lampu Manado. semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan bisa langsung anda mencobanya di rumah. Selamat Mencoba !

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel