Resep Kue Putu Tradisional Indonesia

Resep Kue Putu Tradisional Indonesia
Ilustrasi

Kue Putu/ Puthu Kue Tradisional Indonesia - Kue Putu adalah jenis makanan indonesia berupa kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini dikukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual saat matahari terbenam sampai larut malam. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedangang yang menjajakannya (jual).

Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau. Kue putu sendiri sudah merambah ke negara lain, seperti Singapura dan Malaysia, meskipun nama dan bentuk untuk kue ini sedikit berbeda, tetapi rasanya sendiri sama dengan kue putu tradisional Indonesia itu sendiri.

Bahan - Bahan :
  • 375 gram tepung beras kering
  • 125 gram gula merah, iris tipis
  • 300 ml air
  • 1/2 sdk garam
  • 2 lmbr daun pandan
  • 1/2 sdk pewarna hijau
  • 150 gram kelapa parut, kukus dengan sedikit garam

Cara Membuat Kue Putu :

1. Rebus air bersama garam, daun pandan dan pewarna hijau sedikit hingga mendidih. Angkat, biarkan hangat lalu tuangi ke dalam tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan hingga berbutir - butir halus.

2. Siapkan saringan kasar, masukkan adonan tepung, gosok - gosokkan hingga adonan tepung berbentuk butiran halus, tampung.

3. Ambil cawan ukuran 30ml, tuang 1/2 sdk makan adonan tepung tapi jangan ditekan, ratakan.

4. Balikkan cetakan yang berisi adonan ke atas loyang datar beralas daun pisang, angkat cetakannya.

5. Atus jarak antara adonan yang sudah dicetak, jangan berdekatan.
Kukus dengan api besar hingga 10 menit, angkat lalu sajikan selagi panas dengan taburan kelapa.


Tips :
  • Jika menggunakan bambu sebagai cetakan, masukkan sepotong kecil daun pisang atau pandan, sebagai alas cetakan, isi dengan tepung dan gula. Letakkan bambu dalam keadaan berdiri persis di atas lubang - lubang kukusan, jika lubang besar dan jarang - jarang.
  • Pengganti pewarna dapat menggunakan daun suji, bikin dulu air suji, baru ditambah air dan diukur mencapai 300 ml.

Anda bisa menyajikan Kue Putu/ Puthu Kue tradisional Indonesia ini bersama teh hangat, atau anda bisa juga menambahkan menu hidangan lain seperti Es Pisang Ijo atau Putri mandi (Kue Bugis ) Isi Kacang Ijo sehingga ada variatif dalam menu kudapan anda. Selamat mencoba !
Advertisements