-->

Resep Kue Lupis Tradisional

Rese Kue Lupis
Ilustrasi

Rese Kue Lupis - Kue Lupis adalah  jajanan nusantara  yang termasuk ke dalam kategori kue basah, memang keberadaanya lebih sering ditemani dengan kue basah seperti canil, bugis dan masih banyak lagi. Kue lupis adalah jajanan tradisional yang asalnya belum diketahui pasti. Anda orang yang mengatakan kue lupis lahir dari kulier Betawi, namun Jawa Tengah dan Timur cukup menghormati kue ini, terlihat pada kehadirannya sebagai simbol kerukunan umat pada acara syukuran.

Kue lupis biasa disajikan dengan ketan dan kuah gula merah. Citarasanya yang berkiblat tradisional ini bisa dijajal oleh anda yang menyukai makanan kebule - bulean. Meski terkesan kuno, sebetulnya, jajajan ini bisa menembus pasar dunia. karena penyajiannya yang bisa dalam berbagai rasa : pedas, gurih dan manis.

Berikut resep bikin kue lupis sebagai kue tradisional yang legendaris. Walaupun sekarang sudah semakin jarang ditemukan sebagai jajanan pasar, kita tetap bisa menikmati enaknya kue ini dengan membuatnya sendiri di rumah.

Bahan - bahan
  • 300 gram beras ketan, rendam 1 jam , tiriskan
  • 1/2 sdk makan air kapur sirih
  • 1/2 btr kelapa setengah tua, kupas, parut kasar
  • 2 lmbr daun pandan
  • 1/4 sdk garam
  • Daun pisang dan tali bambu untuk membungkus dan mengikat

Kuah
  • 400 gram gula merah, sisir halus
  • 250 ml air
  • 2 lmbr daun pandan

Cara Membuat Kue Lupis
1. Masukkan air kapur sirih ke dalam beras ketan lalu aduk rata. Ambil selembar daun pisang, bentuk contong lalu masukan beras ketan  ke dalamnya.


Rese Kue Lupis




2. Lilitkan salah satu helai daun menutupi contong, lapisi dengan helai yang lainnya lalu ikat dengan tali bambu. Rebus dalam air mendidih 5 jam dan matang.


Rese Kue Lupis

3. Rebus gula merah, air dan daun pandan hingga kental, angkat dan saring.
Kukus kelapa parut dan garam selama 15 menit.


Rese Kue Lupis



4. Gulingkan lupis di atas kelapa dan  sajikan dengan kuah gula.


Rese Kue Lupis

Tips : Air kapur sirih hanya diambil airnya, tanpa endapan. Bungkus ketan menggunakan daun pisang bagian depan atau berwarna gelap. Kue lupis berwarna semakin bagus jika menggunakan daun pisang batu.

Demikian uraian di atas tentang Resep Kue Lupis Tradisional. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua dan dapat mencobanya di rumah. Selamat mencoba!

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel