-->

Resep Kolak Pisang Nangka Spesial


Pisang Nangka termasuk jenis pisang yang enak untuk dibikin kolak, karena rasanya yang manis sedikit asam dan aromanya harum. Variasi kali ini, resep membuat kolak pisang nangka sagu mutiara dengan kuah kental, disajikan bersama saus santan yang gurih dan terpisah.

kolak pisang nangka
Gambar : Kolek Pisang Nangka
Untuk membuat kolak pisang nangka ini akan lebih enak jika menggunakan pemanis gula merah di bandingkan dengan gula putih atau gula pasir. Citarasa dari gula merah yang manis ini akan lebih terasa enak, bila disajikan bersama kolak pisang nangka.


Resep Kolak Pisang Nangka

Kolak pisang masih menjadi menu favorit untuk si santan saat berbuka puasa hingga bulan ramadhan tahun ini. Membuat kolak dengan santan terpisah merupakan tips agar kolak tidak mudah bari, sehingga bila bersisa bisa dibikin dadakan saat akan disajikan atau mungkin bila anda kurang suka dengan campuran santai, bisa juga anda membuatnya kolak pisang tanpa santan. 

Baca jugaResep Wajik Ketan

Kolak pisang nangka bukan dicampur dengan buah nangka melainkan nama dari jenis pisang sendiri, namun bila anda ingin adanya variasi kolak pisang itu sendiri bisa juga di tambahkan potongan buah nangka sehingga dapat menambahkan citarasa dan lebih menggugah selera anda. Pacar cina, biji delima, biji salak dan lain sebagainya juga dapat menjadi alternatif sagu mutiara maupun memperkaya kombinasinya.

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • 5 buah pisang nangka, kupas lalu potong menjadi 3 bagian
  • 250 gram sagu mutiara merah
  • 200 gram gula merah, sisir
  • 1 sachet (1/2 sdk ) vanili bubuk
  • 1/4 sdk garam
  • 800 ml air
  • 2 lmbr daun pandan
  • 2 sdk makan tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
  • 250 ml santan dari 1 butir kelapa


Cara Membuat Kolak Pisang :
  1. Cuci sagu mutiara kemudian rendam dengan air bersih secukupnya selama 1 jam, buang rendamannya dan tiriskan
  2. Masak air, 1 lembar daun pandan, gula merah, vanili dan garam hingga mendidih dan larut, saring kuah gula merah lalu didihkan kembali.
  3. Masukkan pisang kemudian masak hingga pisangnya matang. Selanjutnya masukkan sagu mutiara, aduk rata dan masukkan juga larutkan maizena, aduk hingga kuah mengental dan matang.
  4. Untuk saus santan, masak santan bersama daun pandan sambiul terus diaduk - aduk hingga mendidih dan matang.
  5. Tuang kolak pisang nangka mutiara dalam mangkuk saji, kemudian sajikan dengan siraman saus santan.

Demikian uraian tentang Resep Kolak Pisang Nangka Spesial. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua dan bisa mencobanya langsung di rumah, selamat mencoba !

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel