-->

Resep Wajik Ketan Kue Tradisional Indonesia

RESEP WAJIK KETAN KUE TRADISIONAL INDONESIA
Ilustrasi

Wajik Ketan - Kue wajik ketan merupakan kue tradisional khas Indonesia yang memiliki ciri khas berbentuk wajik. Kue dari bahan ini biasa dioleh dengan gula merah sebagai pemberi rasa dan daun pandan sebagai sumber aroma.

Tampilannya yang berwarna kuning kecoklatan ini membuat kita ingin sekali memakannya karena sudah rindu gak pernah makan kue wajik. Mungkin untuk anda yang tinggal di daerah yogyakarta, Solo, Sragen dan sekitarnya masih ada yang jual di pasar dan biasanya dijual bersama jenang" Gulo", tapi untuk daerah   Jakarta  dan Bandung ini susah sekali saya menemukannya.

Enak rasanya manis legit dan gurih membuat kue wajik ketan ini masih diminati hingga sekarang dan masih menjadi menu hidangan di acara - acara tradisional beberapa daerah di nusantara.

Cara membuat wajik ketan juga memiliki variasi, seperti dalam resep kali ini dengan variasi penyajiannya saja seperti berlapis.

Bahan  :
  • 500 gram beras ketan, rendam selama 2 jam
  • 200 ml air mendidih
  • 500 ml santan dari 1 btr kelapa
  • 350 gram gula merah, sisir halus
  • 3 lmbr daun pandan
  • 3/4 sdk garam

Cara Membuat Wajik Ketan
1.Kukus ketan selama 15 menit, angkat lalu siram dengan air mendidih, biarkan hingga terserap. Kukus ketan selama 30 menit.

2. Masak santan, gula merah, daun pandan dan garam sambil diaduk hingga bermiyak. Masukkan 3/4 bagian ketan lalu aduk hinga terserap dan berminyak. Lakukan hal yang sama pada sisa ketan tetapi tanpa gula merah.

3. Siapkan loyang persegi 22 cm, olesi dengan minyak lalu dialasi daun pisang. Tuang dan ratakan wajik putih ke dalam loyang, masukkan wajik gula merah di atasnya. Potong setelah dingin lalu sajikan untuk 16 potong.

Tips : Larutan gula usahakan benar - benar kental Untuk mengetesnya, ambil larutan gula dengan sendok kayu lalu jatuhkan gula. Larutan gula harus agak lembut jatuhnya, salin itu jangan masak gula hingga berambut karena akan menghasilkan wajik yang buyar atau tidak menyatu.

Demikian uraian di atas tentang Resep Wajik Ketan Kue Tradisional Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua dan bisa mencobanya langsung di rumah. Selamat mencoba !

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel