-->

Resep Pisang Bakar Gapit Spesial Keju

Pisang Bakar Gapit Spesial Keju
Ilustrasi

Pisang Bakar Gapit Spesial Keju - Variasi kudapan enak resep pisang bakar gafit siram saus santan gula merah spesial keju, cara membuatnya pisang dibakar serta pisang juga dipipihkan/ penyet. Pisang gapit merupakan jajajan kuliner populer khas samarinda, Balikpapan  dan daerah Kalimantan Timur lainnya. Gapit  ( jepit ) karena biasanya pisang dijepit dengan alat penjepit dari kayu untuk memipihkannya, sehingga bisa dibakar matang sampai ke dalam.

Cara memanggangnya  bisa menggunakan teflon di atas api kompor, namun rasa dan aromanya akan lebih sempurna jika dibakar langsung di atas bara api arang. Sedangkan pisang yang digunakan bisa pisang kepok atau aneka jenis pisang lainnya, selain itu gunakan pisang yang setengah matang atau yang belum terlalu matang.

Ciri khas lainnya adalah siraman saus santan gula merah yang manis dan gurih sebagai pelengkap penyajiannya, taburan keju parut sebagai toppingnya akan menambah spesial cita rasanya.


Resep Pisang Gapit
  • 10 buah pisang
  • Keju parut untuk taburan

Bahan saus santan gula merah
  • 500 ml santan dari 1 btr kelapa parut
  • 2 lmbr daun pandan
  • 85 gram gula merah disisir
  • 1/4 sdk garam
  • 1 bngks 1/2 sdk vanili bubuk
  • 3 sdk makan maizena dilarutkan dengan sedikit air
  • 100 ml air
  • Bisa ditambahkan nangka jika ada
Cara Membuat Pisang Gapit 
1. Kupas pisang dari kulitnya, lalu bakar kedua sisi pisang hingga setengah matang. Pipihkan secukupnya  tetapi tidak terlalu pipih, dengan penjepit kayu atau bisa pakai rolling pin maupun ditekan pakai spatula.
Kemudian bakar lagi hingga dirasa matang dan bolak - balik agar agar tidak gorong dan matang merata.


Pisang Bakar Gapit Spesial Keju


2. Membuat saus gula merah, rebus gula merah bersama air, garam, vanili dan 1 lembar daun pandan. Aduk rata dan masak hingga mendidih dan gula larut, angkat dan saring.



Pisang Bakar Gapit Spesial Keju

3. Setelah disaring kemudian masak kembali bersama santan dan sisa 1 lembar daun pandannya, aduk - aduk agar santan tidak pecah dan masak hingga  mendidih. Tambahkan larutan maizena aduk hingga saus mengental, matikan api.


Pisang Bakar Gapit Spesial Keju



4. Potong - potong pisang yang sudah dipanggang tadi, sirami dengan saus santan gula merah, serta lengkapi penyajian spesial pisang bakar gapit dengan taburan keju parut.


Pisang Bakar Gapit Spesial Keju

 


Demikian uraian di atas tentang  Resep Pisang Bakar Gapit Spesial Keju. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan bisa langsung mencobanya di rumah. Selamat mencoba !

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel