-->

Resep Onde-Onde Kacang Hijau yang Enak dan Simpel

Resep Onde-Onde Kacang Hijau yang Enak dan Simpel
Ilustrasi

Kue Onde - Onde Kacang Hijau - Onde - onde merupakan salah satu jenis kue jajanan pasar yang sangat populer, kue ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar - pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Mudah sekali mengenali kue ini, kue yang berbentuk bulat - bulat seperti bola bahkan ada yang berukuran mini ini berhiasi wijen di sekeliling permukaannya. Varian yang paling dikenal adalah onde - onde yang terbuat dari tepung ketan dan diberi isian adonan kacang hijau.

Dalam pembuatannya resep onde - onde kali ini, saya akan membaginya dengan 3 tahapan agar lebih mudah dalam proses pembuatannya yaitu tahap pertama ialah pembuatan isi dari onde - onde, lalu pada tahap kedua  saya akan menjelaskan mengenai cara membuat kulit adonan luar dan tahap ketiga alias tahap terakhir ialah finishing alias penggorengan. Berikut adalah resep bahan untuk bikin onde - onde dan cara membuatnya :

1. Cara Membuat Isi Onde - onde Kacang Hijau yang Enak dan Simpel

Bahan isi onde - onde Kacang Hijau
  • 250 gram Kacang hijau kupas 
  • 1/2 sdk garam
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 vanili bubuk
Cara Membuat Isi Onde - onde Kacang Hijau

1. Rendam kacang hijau kupas selama 4 - 5 jam. Kemudian cuci dan bilas sampai bersih.

2. Steam/ kukus kacang hijau yang telah dicuci tadi hingga empuk. Kemudian tumbuk halus selagi panas sambil tambahkan gula, vanili dan garam kemudian aduk dan uleni hingga rata.

3. Ambil secukupnya kemudian bentuk bulatan - bulatan kecil, sesuaikan dengan ukuran Onde - onde yang ingin kita buat, kemudian sisihkan.

2. Cara Membuat Kulit Onde - onde Kacang Hijau

Bahan Kulit Onde - onde kacang hijau
  • 500 gram tepung beras ketan
  • 75 gram tepung beras
  • 250 gram gula pasir
  • 150 ml air hangat
  • 1 sdk garam
  • 1/2 sdk vanilia bubuk

Cara Membuat Kulit Onde - onde

1. Langkah pertama campurkan kedua tepung beras, vanili dan garam sambil diaduk hingga rata.

2. Perlahan demi perlahan tuangkan air panas sambil terus diaduk, hentikan penambahan air jika sekiranya adonan sudah dianggap kalis dan bisa dibentuk.

3. Ambil 2 sendok makan adonan lalu pipihkan dan bikin cekungan ditengahnya, kemudian letakkan isian kacang ijo yang telah dibuat sebelumnya, kemudian tutup adonan dan putar ditelapak tangan hingga menyerupai bola, lakukan hal ini hingga adonan habis.


3. Finishing Resep Onde - onde Kacang Hijau

Bahan
  • 200 gram wijen
  • Minyak goreng secukupnya ( untuk menggoreng )

Cara Menggoreng Onde - onde


1. Ambil onde - onde setengah jadi tadi kemudian celupkan kedalam air dingin lalu gulingkan onde - onde yang basah tersebut di atas piring yang berisi wijen, gulingkan hingga merata dan wijen menutupi permukaanya, kemudian pinggirkan sejenak.

2. Siapkan wajan dengan minyak yang telah dipanaskan, gunakan api sedang agar onde - onde tidak cepat gosong sebelum matang.

3. Masukkan onde - onde siap goreng tersebut, dan goreng hingga berwarna kuning keemasan, dan usahakan jangan terlalu sering dibalik, agar wijen tidak rontok dan terlepas.

4. Lalu angkat dan tiriskan. Onde - onde kacang hijau yang enak dan simpel pun telah jadi dan siap untuk menemani anda dalam meminum teh atau kopi.

Demikian uraian tentang Resep Onde - Onde Kacang Hijau yang Enak dan Simpel. semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua dan bisa mencobanya langsung di rumah. Selamat mencoba !


Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel