-->

Resep Membuat Kue Lapis Beras Pelangi

   Resep Membuat Kue Lapis Beras Pelangi
Ilustrasi

Resep Membuat Kue Lapis Beras Pelangi - Kue basah dari olahan tepung beras campur tepung kanji ini adalah kue tradisional manis legit yang mempunyai ciri khas tampilan yang berlapis - lapis. Kue ini dibikin berlapis karena ingin memberikan variasi dalam setiap lapisannya, bahkan  dapat berwarna rainbow pelangi sehingga memiliki tampilan yang lebih menarik.

Kue lapis beras masih menjadi bagian dari kue jajanan pasar tradsional populer. Sebenarnya selain warna, adonan kue lapis juga bisa dikreasikan dengan rasa yang berbeda dalam setiap lapisannya, seperti pandan coklat, susu atau lebih praktisnya memakai pasta.


Resep Kue Lapis
  • 500 gram tepung beras
  • 150 gram tepung kanji/ tapioka/aci
  • 500 gram gula pasir
  • 1 sdk garam
  • 2 bngks (130 ml ) santan instan
  • 2,4 liter air
  • Pasta atau pewarna kue sesuai selera


   Resep Membuat Kue Lapis Beras Pelangi





Cara Membuat Kue Lapis

1. Campurkan santan dengan air, aduk rata dalam panci kemudian didihkan sambil terus diaduk, matikan api dan biarkan hangat.

2. Dalam sebuah wadah, campur dan aduk rata tepung beras, tepung kanji, gula pasir dan garam. Berikutnya tuangkan santan tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan rata. Pisahkan adonan menjadi 4 bagian, 3 untuk diberi warna sedangkan 1 biarkan putih, atau beberapa bagian sesuai yang warna yang diinginkan.

3. Panaskan kukusan dan jangan lupa alasi tutup panci dengan kain serbet agar uap air tidak menetes. Olesi tipis loyang dengan minyak, setelah kukusan panas lalu letakkan loyang ke dalam kukusan.

4. Gunakan cangkir kecil untuk menuang adonan setiap lapisnya, atau sesuaikan saha dengan ketebalan yang diinginkan. Setelah menuangkan adonan untuk lapis pertama, tutup kukusan dan tunggu hingga 7 menit, kemudian lanjutkan membuat lapis demi lapis berikutnya dengan cara dan waktu yang sama hingga adonan habis semua.

5. Setelah selesai, tahap terakhir adalah pengukusan selama 30 menit atau hingga matang, lalu biarkan dingin dan keluarkan dari cetakan, serta dipotong - potong untuk disajikan.

Ternyata untuk membuat kue yang enak tidak harus memerlukan bahan yang sulit dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Karena untuk resep dan cara membuat ke lapis tepung beras pelangi hanya memerlukan sedikit bahan dan sedikit waktu yang dibutuhkan.

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel