-->

Resep Membuat Kue Gemblong Ketan Putih Gula Merah

Kue Gemblong Ketan Putih Gula Merah
Ilustrasi

Kue Gemblong Ketan Putih Gula Merah - Kue gemblong merupakan salah satu jajanan khas Nusantara yang berbahan dasar tepung ketan dengan diberikan lapisan gula merah. Sayangnya, saat ini keberadaan kue gemblong sudah semakin jarang. 

Eksistensi kue gemlong menjadi kehilangan pamornya sejak banyaknya bermunculan makanan siap saji dan makanan ringan dengan brand 'kebarat - bartan' yang dikemas dengan begitu menarik, membuat keberadaan makanan lokal yang hanya dikemas dengan bahan seadanya menjadi tersisihkan.

Sehingga tak heran ketika anda menawari kue gemblong pada anak - anak anda, mereka akan dibuat penasaran dengan kue yang anda tawarkan. Sungguh mirih nasib dari warisan kuliner nusantara saat ini, perlahan kejayaannya surut ditelan jaman. Padahal dilihat dari komposisi gizi, kita tidak mengetahui sejauh mana dampak negatif yang akan didapatkan dari mengkonsumsi makanan siap saji. 

Sedangkan pada makanan tradisional nusantara, kandungan gizi dan vitaminnya sudah jelas sebab makanan tradisional tidak pernah menggunakan zat kimia yang berbahaya seperti halnya pengawet.

Rasa yang nikmat dari kue gemblong yang berkombinasi dengan kerenyahan tepung ketan membuat hidangan ini terasa nikmat apalagi orang jaman dulu seringkali menikmati kue gemblong dengan secangkir kopi atau teh hangat.

Nah, bagi anda yang merindukan cita rasa nikmat dan begitu khas dari kue gemlong anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan resep kali ini anda akan dipandu bagaimana cara membuatnya seperti apa resepnya ? Kita simak penjelasan berikut ini.




Bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat Kue Gemblong
  • 200 gram tepung ketan putih
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 125 ml santan hangat
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 1/2 sdk teh garam

Bahan Pelapis :

  • 100 gram gula merah sisir
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lmbr daun pandan, disimpulkan
  • 150 ml air



Cara Membuat Kue Gemblong

1. Langkah pertama, campurkan tepung ketan putih dengan kelapa parut kasar kemudian diaduk - aduk secara perlahan sambil dituangkan sedikit demi sedikit santan dan uleni hingga kalis.

2. Setelah adonan kalis, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bentuk oval pipih. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

3. Panaskan minyak goreng dan goreng adonan hingga matang kemudian angkat dan dinginkan.

4. Selanjutnya, siapkan bahan pelapisnya dengan cara larutkan gula pasir, gula merah dalam air dan masukkan pandan sambil terus diaduk hingga kental dan berbusa.

5. Masukkan kue gemblong dan aduk hingga kue gemblong teraduk dengan rata dan terbaluti lapisan gula merah.

6. Angkat kemudian dinginkan hingga lapisan gula merah menjadi kering setelah itu baru sajikan.

Mudah bukan ? Demikian uraian di atas tentang  Resep Membuat Kue Gemblong Ketan Putih Gula Merah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua dan dapat langsung mencobanya di rumah. Selamat mencoba !

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel