-->

Resep Kue Pukis Pandan Hijau Praktis

Resep Kue Pukis Pandan Hijau Praktis
Ilustrasi

Kue Pukis Pandan - Pukis merupakan nama sebuah kue basah khas nusantara yang lembut dan sangat mudah dijumpai di toko - tokok kue maupun penjual kaki lima. Adonan sederhananya terbuat dari telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan. 

Bahkan cara membuat kue pukis sudah banyak dimodifikasi dan dikombinasikan dengan aneka rasa dan taburan seperti coklat, keju, irisan daging, kacang atau yang lainnya sehingga menjadi hidangan spesial yang enak.

Pukis hijau esens pandan merupakan salah satu variasi sederhana dalam membuat kue pukis sendiri yang empuk dan lembut di rumah secara praktis, sedangkan taburan atau toppingnya bisa menggunakan keju dan cokelat meses atau dapat disesuaikan dengan selera.

Resep Kue Pukis Pandan Hijau

Bahan - bahan:
  • 125 gram tepung terigu
  • 125 gula pasir
  • 150 ml santan encer dari 65 ml santan kara + air lalu didihkan
  • 1/2 sdk ragi isntan
  • 2 btr telur
  • 35 gram keju cheddar diparut
  • margarin untuk mengoles 
  • Coklat meses untuk topping 
  • 1/2 sdk pasta pandan atau sesukupnya

Cara Membuat Kue Pukis Pandan

1. Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer kecepatannya tinggi hingga mengembang dan halus lalu pindahkan kecepatan mixer menjadi sedang.

2. Campurkan tepung terigu dan ragi instan, aduk rata kemudian didihkan tadi dan aduk sampai rata.

3. Matikan minxer dan diamkan adonan selama 30 menit.

4. Masukkan keju dan pasta pandan, aduk rata. Tuang adonan ke dalam cetakan kue pukis yang sudah mengembang, tutup sejenak dan bila sudah setengah matang taburi dengan meses atau topping lainnya lalu tutup kembali.

5. Gunakan selalu api kecil supaya tidak gosong, setelah kue pukis matang dan bagian bawahnya kecoklatan maka angkat dan siap untuk disajikan.

Dengan takaran dan komposisi resep yang sama, potongan pisang juga enak loh untuk dijadikan topping kue pukis. 

Anda bisa menyajikan Kue Pukis Pandan ini bersama teh hangat, atau anda bisa juga menambahkan menu hidangan lain seperti Es Pisang Hijau dan Serabi Pandan Enak. Sehingga ada variatif dalam menu kudapan anda.

Demikian uraian di atas tentang Resep Kue Pukis Pandan Hijau Praktis. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua dan dapat mencobanya langsung di rumah. Selamat Mencoba !

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel